Sabtu, 10 November 2012

B. INDONESIA | Laporan Perjalanan StudyTour 2011

Pada tanggal 12 Mei 2011 , SMPN 8 Cimahi mengadakan Study Tour ke Jakarta. Study Tour ini diikuti oleh hampir seluruh siswa kelas 7 & 8. Mereka terbagi kedalam 9 bus. Tiap bus didampingi oleh walikelas dan beberapa orang guru .
Pagi itu, pukul 05.00 kami sudah berkumpul di SMPN 8 Cimahi. Pukul 05.30 kami menggelar do'a bersama untuk meminta keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan Study Tour ini. Do'a di pimpin oleh Bapak Guru PAI SMPN 8 Cimahi yaitu Bapak Saeful. Setelah itu kamu berjalan menuju bus yang letaknya tak jauh dari sekolah.
Tepat pukul 06.00, kami di absen untuk memastikan tidak ada peserta Study Tour yang tertinggal, lalu bus pun berangkat.
Tempat pertama yang di tuju yaitu Monumen Pancasila Sakti. Sebelum tiba di sana kami di sambut dengan padatnya kendaraan di kota Jakarta, cuacanya pun sangat panas saat itu.
Pukul 09.30, kami sampai di monumen Pancasila Sakti, kami segera turun dari bus dan berkumpul untuk di beri pengarahan oleh panitia. Setelah itu, kamu langsung memasuki Monumen Pancasila Sakti. Disana kami mengerjakan LKS yang telah di beri H-1 oleh panitia, setelah selesai kami pun beranjak keluar.
Pukul 10.20, kami memasuki Museum Pengkhianatan PKI (Komunis), di dalam gedung yang di resmikan oleh Pak Soeharto pada tanggal 1 Oktober 1992 terdapat miniatur-miniatur kekejaman PKI saat itu. Karena waktu yang terbatas, kami mempercepat langkah agar tidak ditinggalkan rombongan.
Pukul 11.00, kami melanjutkan perjalanan ke Ancol, tepatnya Gelanggang Samudra dan Atlantis. Saat itu jalanan sangat padat dan AC di bus E seperti tidak menyala. Anak laki-laki yang berada di bus E pun sepakat untuk melucuti baju masing-masing agar tidak terlalu terasa gerah dan pengap.
Pukul 11.45, kami sampai dan berkumpul di bus masing-masing untuk di bagikan tiket masuk menuju Gelanggang Samudra dan Atlantis.
Pukul 12.00 kami mengantre untuk masuk ke Gelanggang Samudra. DI dalam kami disuguhi atraksi berbagai hewan dan permainan. Karena di dalam kemanapun antre panjang, aku , Ovita , Raysa , Finna, Andika, Aan, Cepi memutuskan untuk keluar dan menuju pantai. Karena tidak tahu jalan kami pun berinisiatif untuk menanyakan jalan pada seorang supir bus dan juga kernetnya. Karena cukup jauh mereka menyarankan agar kami naik bus keliling secara cuma-cuma (gratis).
Pukul 13.15, kami sampai di Pantai Ancol. Sejenak kami mencuci mata dengan melihat pemandangan laut biru dan hamparan pasir yang begitu luas serta angin sepoi-sepoi juga kicauan burung membuat rasa lelah kamu hilang seketika. Lalu kami pun berfoto-foto untuk bahan kenang-kenangan. Karena pukul 13.30 kami harus  berkumpul untuk pembagian tiket makan siang, kami pun menyegerakan langkah untuk kembali ke bus yang jaraknya cukup jauh. Karena insting Finna yang kurang tepat kami tersesat cukup jauh. Setelah cukup lama berjalan akhirnya kami sampai di bus walaupun sedikit terlambat beberapa menit. Setelah mendapat tiket makan, kami pun segera menuju Atlantis.
Pukul 14.00, kami sudah berada di dalam Atlantis, segera kami berganti pakaian agar bisa cepat masuk ke kolam. Di Atlantis terdapat berbagai macam kolam. Dari kolam arus , kolam ombak , kiddy pool, kolam apung , dan masih banyak lagi. Tapi yang paling menarik perhatian adalah kolam apung, karena kita bisa mengapung di air tanpa menggunakan pelampung apa pun.Hal ini dapat di sebabkan oleh tingginya kadar Garam pada air.
Pukul 17.00, sudah bersiap-siap kembali menuju bus. Setelah di absen bus pun beranjak keluar dari kawasan Ancol. Di Jakarta Pagi, Siang, Sore, Malam jalanan tetap saja padat. Kami pun sepakat untuk kembali membuka baju karena udara di dalam bus sangat pengap. Selama di perjalanan bus E dihiasi canda tawa gelak tawa dan suara merdu ukulele yang menghibur dari Ucox 7i dan Kaka Redizza Scooterist 8a.
Pukul 19.00, kami beristirahat sejenak di daerah Purwakarta untuk membeli oleh-oleh. Berbagai macam oleh-oleh ada disini. Pakaian, makanan, pernak-pernik dan yang lainnya.
Pukul 19.45, kamu melanjutkan perjalanan pulang. Bus E yang tadinya meriah sekarang menjadi sepi karena kebanyakan siswa-siswi nya tidur. Terlintas ide untuk menghibur guru-guru yang dari tadi diam dengan lawakkan khas Dora dan Buts yang tak lain dan tak bukan adalah aku sendiri dan Aan. Terlihat senyum manis dari semua wajah guru-guru yang merasa terhibur.
Pukul 21.45, kami sampai di SMPN 8 Cimahi dan perjalanan pun selesai.