Sabtu, 28 Juli 2012

Al-Baqoroh : 30 | Al-Mu'minun : 12-14

Tugas pertama pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK/SMA adalah tentang Surat Al-Baqoroh : 30 | Al-Mi'minun 12-14 | Adz-Zariyat : 56 | An-Nahl : 78. Nah, saya mau share tentang surat Al-Baqoroh : 30 | Al-Mu'minun : 12-14 ya mate. Isi surat + artinya, hukum-hukum bacaannya, arti kata-katanya, isi kandungannya, dan sikap dan perilaku sesuai surah tersebut.

AL BAQOROH : 30

قال الله تعالى :وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّي جَاعِلُُ فِي الأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَآءَ وَنَحْنُ
نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لاَ تَعْلَمُونَ

“ Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat:”Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata:”Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau”. Rabb berfirman:’Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui’ “. (QS. 2:30)

TAJWIJ

قال
 MAD TABI'I

 قَالُوا أَتَجْعَلُ
MAD JAIZ

KANDUNGANNYA


Pemberitaan dari Allah kepada malaikat pada awal penciptaan manusia itu menunjukkan keutamaan manusia sebagai khalifah di muka bumi .


AL-MU'MINUN : 12-14

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ مِنْ سُلالَةٍ مِنْ طِينٍ – (12) ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ – (13)  ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ – (14) ثُمَّ إِنَّكُمْ بَعْدَ ذَلِكَ لَمَيِّتُونَ  -

Dan" sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah (12) Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim) (13)  Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Mahasucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik (14)"


TAJWIJ

لَقَدْ   Qolqolah

KANDUNGANNYA 
 
Allah menciptakan manusia dari sari pati tanah.
Informasi dari Allah tentang proses kejadian manusia
 
Oh ya, untuk lebih jelasnya bisa di download file PowerPiont 2007 nya mate, ini saya kasih linknya supaya lebih jelas ya :) super lengkap ada 4 surat loh pas sama yg kalian dapetin tugasnya ;)
 
http://www.4shared.com/office/Nvl7YCt0/BAB1alQuran1semester1.html
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar